Peraturan

1. Pendaftaran/Registrasi Mahasiswa

Setiap semester akademik, mahasiswa wajib melaksanakan dua jenis registrasi, yaitu:
a. Registrasi Administrasi, yaitu melunasi kewajiban pembayaran biaya pendidikan melalui Bank yang telah ditunjuk oleh UNIKS.
b. Registrasi Akademik, yaitu mencatatkan diri pada fakultas masing-masing (dengan menunjukkan bukti pembayaran dari Bank) untuk dapat mengikuti kegiatan akademik semester yang bersangkutan.

Bagi mahasiswa yang tidak melakukan pendaftaran ulang atau cuti akademik, status kemahasiswaannya pada semester yang bersangkutan menjadi batal dan tidak diperkenankan mengikuti kegiatan akademik serta menggunakan fasilitas yang tersedia.

2. Cuti Akademik dan Her-registrasi setelah cuti

a. Cuti Akademik

i. Cuti Akademik hanya diperbolehkan apabila mahasiswa sudah memiliki izin tertulis dari dekan, kaprodi dan PA serta disahkan oleh Rektor.
ii. Cuti Akademik dapat di ambil setelah melewati 2 Semester.
iii. Cuti Akademik dapat di ambil selama 1 tahun ( 2 semester).
iv. Cuti Akademik diajukan kepada Rektor disertai alasan yang kuat, diketahui oleh orang tua/wali, dosen PA, Ketua Prodi dan Dekan selambat-lambatnya 1 minggu sebelum pendaftaran ulang pada semester bersangkutan.

b. Herregistrasi Setelah Cuti
Mahasiswa yang ingin aktif kuliah kembali setelah menjalani cuti akademik harus melaksanakan tahapan-tahapan sbb :

i. Mengajukan surat permohon aktif kuliah kepada dekan/kaprodi. Surat permohonan ini harus sudah diajukan paling lambat 1 bulan sebelum kegiatan semester bersangkutan berjalan.
ii. Melakukan herregistrasi dengan menunjukkan surat izin aktif kuliah dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) di dan melakukan pembayaran SPP.

Format Pengajuan Cuti Akademik Ganjil dan Genap : Download